Jumat, 20 September 2013

Presiden Soekarno

Sebagai orang Indonesia kita harus tahu terhadap tokoh yang akan saya tuliskan di blog ini berdasarkan info-info yang saya dapatkan dari internet juga seh :)

Di samping ini ada 2 tokoh yang terkenal di negaranya masing-masing. Yang satu bernama John F Kennedy yang merupakan presiden Amerika sedangkan yang menggunakan kacamata adalah presiden kebanggaan kita yaitu Presiden Soekarno.



Pertanyaannya kenapa harus menjadi kebanggaan kita, karena lewat jasanya lah maka bangsa Indonesia memperoleh KEMERDAKAAN dari penjajahan bangsa lain. Walaupun memang kemerdekaan kita tidak hanya karena jasanya Soekarno, tapi masih banyak tokoh-tokoh lain di balik layar yang turut ambil bagian. Tapi sebagai tokoh yang memperjuangkan kemerdekaan, merumuskan hal-hal penting bagi bangsa Indonesia seperti PANCASILA, dan sebagai presiden pertama bagi bangsa kita Indonesia, maka sepatutnya lah kita bangga dan memberi perhatian kita untuk tau lebih banyak mengenai Soekarno.

Nama lengkap : Dr. Ir. Soekarno (dalam ejaan yang disempurnakan menjadi Dr. Ir. Sukarno)
Nama lahir : Koesno Sosrodiharjo
Tempat, tanggal lahir : Surabaya, 6 Juni 1901
Masa jabatan sebagai Presiden : 17 Agustus 1945 - 12 Maret 1967
Meninggal : 21 Juni 1970 di Jakarta.

Kenapa nama masa kecilnya berbeda dengan namanya pada saat lahir dapat dibaca di wikipedia. Tapi dari kehidupannya sejak masa kecil hingga kuliah setelah saya membaca beberapa referensi yang menceritakan tentang Soekarno, dapat saya simpulkan bahwa dia pintar, berteman dengan tokoh-tokoh penting yang kita pernah pelajari saat pelajaran sejarah di sekolah :) , bahkan orang yang senang berorganisasi. Benar-benar pemuda yang penuh semangat dan kecintaannya terhadap Indonesia begitu besar.
  • Tahun 1915 bergabung dengan organisasi Jong Java cabang Surabaya. Hebatnya dalam rapat pleno sudah bisa menyampaikan pidato (kalau dihitung-hitung usianya kira-kira baru 14 tahun) dan satu bulan kemudian memberikan ide yang kontroversial yaitu dengan memberikan usulan agar bahasa yang digunakan pada surat kabar Jong Java yang berbahasa belanda menjadi bahasa melayu.
  • Tahun 1926 mendirikan Algemene Studie Club di Bandung
  • Tahun 1927 mendirikan PNI (Partai Nasional Indonesia). Akibat aktivitasnya ditangkap oleh Belanda pada 29 Desember 1929 di Yogyakarta dan dicebloskan di penjara Banceuy.
  • Tahun 1930 saat dipindahkan ke penjara Sukamiskin, dia mengeluarkan pledoi yang berjudul Indonesia Menggugat hingga dibebaskan pada 31 Desember 1931.
  • Tahun 1932 bergabung dengan Partindo (Partai Indonesia) pecahan dari PNI. 
  • Kembali ditangkap dan dibuang ke Flores pada tahun 1933, dipindahkan ke Bengkulu dari tahun 1938 - 1942. Bebas setelah Jepang memenangkan pertempuran melawan Belanda.
  •  Pada masa penjajahan Jepang, para tokoh-tokoh nasional Indonesia mulai diperhatikan termasuk dengan Soekarno. Yang diharapkan dapat mempengaruhi rakyat untuk membantu Jepang dalam melawan sekutu.
  • Tahun 1943, perdana menteri Jepang Hideki Tojo mengundang tokoh Indonesia yaitu Soekarno, Mohammad Hatta dan Ki Bagoes Hadikoesoemo ke Jepang, bahkan diterima secara langsung oleh kaisar Hirohito. Selain itu mendapatkan Bintang kekaisaran (Ratna Suci) yang berarti ketiga tokoh kita ini dianggap sebagai keluarga kaisar Jepang.
  • Tanggal 16 Agustus 1945, atas bujukan/desakan dari tokoh pemuda Soekarni, Wikana, Singgih dan Chairul Saleh maka Soekarno dan Hatta dipindahkan ke markas PETA di Rengasdengklok. Mereka mendesak Soekarno untuk mempoklamasikan kemerdekaan karena saat itu di Indonesia terjadi kevakuman kekuasaan karena Jepang telah menyerah.
  • Tanggal 17 Agustus 1945 menjadi peristiwa paling bersejarah karena pada tanggal ini, bangsa Indonesia menyatakan sanggup untuk berdiri dan mengurus bangsanya sendiri yang disebut dengan kemerdekaan dari penjajahan dan gangguan bangsa lain.
  • Tanggal 18 Agustus 1945, PPKI (Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia) mengangkat Soekarno dan Mohammad Hatta menjadi Presiden dan Wakil Presiden bangsa Indonesia.
  • Tanggal 29 Agustus 1945, KNIP (Komite Nasional Indonesia Pusat) mengukuhkan pengangkatan Soekarno dan Mohammad Hatta sebagai Presiden dan Wakil Presiden.
  • Tanggal 19 September 1945, atas kewibawaan Soekarno mampu menyelesaikan peristiwa lapangan Ikada yang mempertemukan 200.000 warga Jakarta dengan pasukan Jepang yang masih bersenjata lengkap. Sehingga tidak perlu timbul korban dari kedua belah pihak.
  • Setelah Indonesia menyatakan diri sebagai negara merdeka pun, ternyata tidak semudah itu untuk diakui. Karena dari pihak Belanda yang pernah menjajah begitu lamanya, memboncengi pihak sekutu untuk menancapkan taringnya di Indonesia. Tanggal 13 Juni 1946, Soekarno memindahkan ibukota negara ke Yogyakarta. Hal ini dilakukan karena adanya tindakan Belanda yang profokatif dan menteror di Jakarta.
  • Pada masa awal pemerintahan, Indonesia masih terus mencari sistem pemerintahan yang cocok dengan bangsa nya. Hal ini dapat dilihat dari seringnya terjadi perubahan pada sistem pemerintahan.
  • Pada tahun 1955 presiden Soekarno mengadakan konferensi Indonesia - Afrika yang melahirkan gerakan Non-Blok.
  • Peristiwa G30S yang menewaskan enam jendral, tetapi yang masih merupakan peristiwa kontroversi menjadi titik balik bagi politik presiden Soekarno. Pada tanggal 22 Juni 1966, presiden Soekarno membacakan pidato pertanggung-jawaban atas sikapnya terhadap peristiwa tersebut. Pidato pertanggung-jawaban ini dikenal dengan "Nawaksara" dilakukan dihadapan MPRS. Tetapi oleh MPRS diminta agar dilengkapi, sehingga final pidato dibacakan tanggal 10 Januari 1967. Pidato ini ditolak oleh MPRS pada tanggal 16 Februari 1967.
  • Pada 20 Februari 1967, Soekarno menandatangani surat pernyataan penyerahan kekuasaan di Istana Merdeka. Maka secara de facto Soeharto menjadi kepala pemerintahan.
  • Tanggal 20 Juni 1970 jam 20.30 kesehatan Soekarno memburuk dan berangsur-angsur menurun. Tanggal 21 Juni 1970 jam 03.50, Ir.Soekarno tidak sadarkan diri dan kemudian jam 7 pagi tanggal 21 Juni 1970 pak Soekarno dinyatakan meninggal dunia :'(
Peninggalan Soekarno yang dapat di ingat orang mungkin adalah pidatonya. Saya pernah diceritakan oleh papi saya, bahwa kalau pak Soekarno lagi pidato (atau mungkin siaran ulangnya) disiarkan di radio maka papi saya pasti akan mendengarkan. Kalau menurut saya mungkin karena kharisma dari pak Soekarno yang bagus. Beberapa pidatonya yang saya kutip dari beberapa sumber di internet akan saya tuliskan ulang:
  1. Kami bangsa Indonesia dengan ini menyatakan kemerdekaan Indonesia. Hal-hal yang mengenai pemindahan kekuasaan dan lain-lain, diselenggarakan dengan cara seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya. Jakarta, 17 Agustus 1945. Atas nama bangsa Indonesia. Soekarno - Hatta.
  2. Berikan aku 1000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya. Berikan aku 1 orang pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia.
  3. Tidak seorangpun yang menghitung-hitung, berapa untung yang kudapat nanti dari Republik ini, jikalau aku berjuang dan berkorban untuk mempertahankannya.
  4. Jadikan deritaku ini sebagai kesaksian, bahwa kekuasaan seorang presiden pun ada batasnya. Karena kekuasaan yang langgeng hanyalah kekuasaan rakyat. Dan di atas segalanya adalah kekuasaan Tuhan Yang Maha Esa.
  5. Apabila di dalam diri seseorang masih ada rasa malu dan takut untuk berbuat suatu kebaikan, maka jaminan bagi orang tersebut adalah tidak akan bertemunya dia dengan kemajuan selangkah pun.
  6. Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya
  7. Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, tapi perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri
  8. Bangsa yang tidak percaya pada kekuatan dirinya sebagai suatu bangsa, tidak dapat berdiri sebagai suatu bangsa yang merdeka.
  9. Bangunlah suatu dunia dimana semua bangsa hidup dalam damai dan persaudaraan
  10. Laki-laki dan perempuan adalah sebagai dua sayapnya seekor burung. Jika dua sayap sama kuatnya, maka terbanglah burung itu sampai ke puncak yang setinggi-tingginya; jika patah satu dari pada dua sayap itu maka tak dapatlah terbang burung itu sama sekali.

Yang dapat saya pelajari dari tokoh Soekarno adalah kecintaannya akan kemerdekaan suatu bangsa dari penjajahan dan keinginannya menciptakan kedamaian. Selain itu tersirat nasionalisme kecintaannya terhadap bangsa Indonesia :) semoga saya dapat mengemban semangat bung Karno sebagai warga negara Indonesia

Tidak ada komentar :

Posting Komentar